Kemampuan Komunikasi Matematik


Menurut Widjaja (2003: 8) Komunikasi dalam bahasa inggris disebut dengan communication atau  dari kata communicatio atau dari kata communis yang berarti sama atau sama maknanya atau pengertian sama. Komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seorang kepada orang lain.

Komunikasi menurut Masykur dan Halim Fathoni ( 2007: 42) merupakan proses penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima. Hubungan komunikasi dan interaksi antara si pengirim dan si penerima, dibangun berdasarkan penyusunan kode atau simbol bahasa oleh pengirim dan pembongkaran ide atau simbol bahasa oleh penerima. Dapat dikatakan syarat terjadinya komunikasi harus terdapat dua pelaku, yaitu pengirim dan penerima pesan.

Dalam pembelajaran komunikasi diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu (Sanaky, 2007: 9).

Matematika memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa yang terdiri dari simbol-simbol dan angka. Sehingga, jika kita ingin belajar matematika dengan baik, maka langkah yang harus ditempuh adalah dengan menguasai bahasa pengantar dalam matematika.

Dalam pembelajaran matematika standar komunikasi menitikberatkan pada pentingnya dapat berbicara, menulis, menggambarkan, dan menjelaskan konsep-konsep matematika (Van De Walle, 2008: 4). Belajar komunikasi dalam matematika membantu perkembangan interaksi dan pengungkapan ide-ide di dalam kelas karena siswa belajar dalam suasana yang aktif. Cara terbaik untuk berhubungandengan suatu ide adalah mencoba dalam menyampaikan ide tersebut kepada orang lain.

Dalam judul “why teach mathematics” Cockroft dalam Shadiq (2009: 5) menyatakan bahwa

We believe that all these perception of the usefulness of mathematics arise from the fact that mathematics provides a means of communication which is powerful, concise, and unambogous

 

Pernyataan tersebut menyatakan akan pentingnya para siswa untuk belajar matematika dengan alasan bahwa matematika merupakan alat komunikasi yang sangat kuat, teliti, dan tidak membingungkan. Seorang siswa disamping mampu bernalar dan memecahkan masalah dengan baik sebagai suatu kegiatan atau  aktivitas berpikir, maka ia harus mengkomunikasikan kemampuan tersebut secara nyata baik lisan maupun tertulis.

Dari beberapa definisi diatas, kemampuan komunikasi matematik dapat dimaknai sebagai suatu peristiwa menyampaikan pesan yang berlangsung dalam pembelajaran matematika dikelas baik secara tertulis maupun lisan sebagai wahana interaksi antara guru dan siswa.

Diperlukan suatu indikator untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik siswa baik komunikasi tertulis maupun komunikasi lisan. Jihad dan Haris (2009: 149) menyatakan indikator yang menunjukkan komunikasi antara lain:

1)        Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram.

2)        Mengajukan dugaan (conjectures).

3)        Melakukan manipulasi matematika.

4)        Menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi.

5)        Menarik kesimpulan dari pernyataan.

6)        Memeriksa kesahihan suatu argumen.

7)        Menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi.

sumber :

Widjaja, H.A.W. 2003. Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Masykur, Moch dan Halim Fathan, Abdul. 2007. Mathematical Intellegence. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanaky, Hujair AH. 2007. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Shadiq, Fahar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Van De Walle, John A. 2006. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran.  Jakarta: Erlangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s