Apa sih Problem Posing Itu?


As’ari menyatakan bahwa problem posing berasal dari istilah bahasa inggris yang mempunyai padanan kata  dalam bahasa indonesia artinya pembentukan soal. Problem posing  (pengajuan soal) merupakan salah satu proses pembelajaran yang berbasis konstruktivisme. Teori ini menekankan bahwa siswa sebagai pelajar tidak hanya menerima pengetahuan tapi secara aktif mengkonstruksikannya secara individual (http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/12/pembelajaranmatematika-dengan-problem posing. Diakses 1 maret 2012).

Bworn dan Walter dalam Isik, dkk prospective teacher’s skills in problem posing with regard ro different problem posing models (2011: 485) menyatakan bahwa problem posing dipandang sebagai komponen penting dalam kurikulum matematika dan juga dalam kegiatan matematika.

NCTM(National Council of Teachers of Mathematics) dalam Isik, dkk (2011: 485) menyatakan bahwa dalam problem posing guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk menimbulkan masalah sendiri.

Dalam penelitian pendidikan matematika, problem posing sering digunakan sebagai metode pembelajaran. Menurut Silver dan Cai problem posing memiliki beberapa pengertian. Pertama, problem posing ialah perumusan soal sederhana atau perumusan ulang soal yang ada dengan beberapa perubahan agar lebih sederhana dan dapat dipahami dalam rangka memecahkan soal yang rumit. Kedua, problem posing ialah perumusan soal yang berkaitan dengan syarat-syarat pada soal yang telah diselesaikan dalam rangka mencari alternatif pemecahan lain. Ketiga, problem posing ialah perumusan soal dari informasi atau situasi yang tersedia, baik dilakukan sebelum, ketika, atau sesudah penyelesaian suatu soal (http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/12/pembelajaranmatematika-dengan-problem posing. Diakses 1 maret 2012).

Menurut Suzanah dan Amin (2008: 3) problem posing dalam pembelajaran matematika merupakan suatu bentuk metode pemberian tugas kepada siswa untuk membuat atau mengajukan masalah dari informasi yang telah disediakan serta menyelesaikannya. Masalah yang diajukan berasal dari soal yang sudah dikerjakan atau informasi tertentu yang diberikan guru kepada siswa.

Kilpatrik dalam Norman dan Bakar (2011: 1) menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran problem posing dapat mempengaruhi keberhasilan akademik siswa dengan cara yang positif, dapat berguna sebagai strategi pemecahan masalah.

Secara umum, langkah-langkah Problem Posing secara berkelompok :

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar.
  2. Guru menyajikan informasi baik secara ceramah atau tanya jawab, selanjutnya memberi contoh cara pembuatan soal dari informasi yang diberikan.
  3. Guru membentuk kelompok belajar 5-6 siswa setiap kelompok yang bersifat heterogen baik kemampuan, ras, dan jenis kelamin.
  4. Selama kerja kelompok berlangsung, guru membimbing kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dalam membuat soal dan menyelesaikannya.
  5. Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dengan cara masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya.
  6. Guru memberi penghargaan kepada siswa atau kelompok yang telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik.

sumber:

Abdussakir. 2006. Pembelajaran Matematika Dengan Problem Posing. Diunduh dari Http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem posing.

Isik, dkk. 2011. Prospective Teacher’s Skills in Problem Posing with Regard to Different Problem Posing Models. Procedia Social and Behavior Sciences 15(2011) 485-489

Bakar, Nor dan Norman, Ilfi. 2011. Secondary School Student’s Problem Posing strategies: Implications To Secondary School Student’s Problem Posing Performances.  Journal of Edupres/Vol.1 September Pages1-8.

Suzanah dan Amin. 2008. Implementasi Model Struktur Intelek Dengan Pengajuan Masalah Pada Materi Segi Empat. Jurnal Matematika Tahun 2008 Vol 51 No 2. Halaman 3.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s